News

Cal Crutchlow Tekad ke MotoAmerica Usai Pensiun dari MotoGP

Meski masih betah berkompetisi di MotoGP, Cal Crutchlow tampaknya sudah punya rencana matang bila masa pensiunnya dari kejuaraan balap motor terakbar tersebut tiba. Kepada Cycle World, rider LCR Honda Castrol ini mengaku mantap akan turun di kejuaraan nasional superbike Amerika Serikat, MotoAmerica.

MotoAmerica adalah nama dan citra baru bagi AMA Superbike Series sejak 2015, dan menghadirkan lima kelas balap berbeda, yakni Superbike, Superstock 1000, Supersport, Superstock 600 dan KTM RC 390 Cup. Crutchlow sendiri adalah rider berbasis Superbike. Ia adalah juara British Supersport 2006 dan World Supersport 2009, juga merupakan eks rider British Superbike (BSB) dan WorldSBK sebelum pindah ke MotoGP pada 2011.

“Saya suka MotoAmerica. Saya belum pernah mengatakannya secara publik, tapi saya kini mengatakannya. Rencana saya adalah datang dan balapan di AMA Superbike, dan rencana itu masih ada. Tapi saya ingin MotoAmerica kembali ke level di mana Neil Hodgson turun di sana, ketika Jake Zemke, Ben Spies dan Mat Mladin benar-benar bertarung sengit,” ujar Crutchlow.

Rider Inggris ini bahkan telah melakukan pembicaraan serius dengan Honda US, yakni organisasi balap milik Honda yang bermarkas di Amerika Serikat. Menurut Crutchlow, lintasan-lintasan balap motor di Negeri Paman Sam memiliki karakter yang cukup unik bila dibandingkan dengan kebanyakan sirkuit di Eropa, meski beberapa bahkan mirip dengan yang ada di Inggris.

“Saya sudah mengatakan hal ini kepada Honda US. ‘Pastikan kalian membentuk tim Superbike pabrikan, karena aku mau turut andil.’ Itu cerita sungguhan. Itulah yang saya ingin lakukan. Saya mau datang dan hidup di Amerika, serta terus balapan. Lintasan-lintasan di Amerika juga cukup mirip dengan yang ada di Inggris: berdebu, keras dan bergeronjal seperti Oulton Park dan Cadwell Park,” tuturnya.

Crutchlow pun memberikan pujian kepada juara dunia Moto2 2010 serta eks rider MotoGP, Toni Elias, yang kini aktif turun di MotoAmerica bersama Yoshimura Suzuki dan merebut gelar juara tahun lalu.

“Saya rasa para rider MotoAmerica juga hebat, tapi levelnya harus kembali seperti saat para eks rider WorldSBK turun di sana. Toni rider yang sangat baik. Saya ingin terlibat di sana dan semoga prosesnya berhasil. Saya meraih banyak kemenangan di berbagai kejuaraan dan rencana saya adalah menang di MotoAmerica,” pungkas Crutchlow.

(Artikel ini juga tayang di Bola.net)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s